Skip to main content

Featured Post

FILE TERHAPUS, PADAHAL DIPERLUKAN

Ketika menggunakan Komputer, sering tentunya kita melakukan simpan File dan juga penghapusan. Proses penghapusan misalnya, yang menjadi masalah kali ini, baik disengaja bahkan maupun tidak disengaja. Dan pada suatu saat File yang kita hapus tersebut ternyata masih sangat dibutuhkan.  Jika kita mengalami hal ini, tidak perlu panik, karena Windows tidak langsung membuang file begitu saja, melainkan menyimpannya ke dalam Tong Sampah atau yang dikenal dengan Recycle Bin.  Recycle Bin untuk Windows 10, biasanya terdapat di Layar Desktop dan kita bisa mengembalikannya dengan cepat, baik Drag atau pun Restore.  Bagaimana kalau di Recycle Bin sudah dihapuskan. Masalah ini memang menjadi lebih rumit, namun tetap masih ada solusinya.  Aplikasi atau Software yang bisa untuk mengembalikan file, ada banyak kita jumpai di Internet. Misalnya:  PC. Inspector File Recovery 4.0  Windows 10:  PC Inspector File Recovery 4.0 Final Recovery 1.3 :  FinalRecovery 1.3.1.1 Active Undelete 5.1.010:  Active undel

Defragment Windows 10


Seiring dengan pemakaian Komputer, tentunya sering kita melakukan penghapusan File, Install Program, Uninstall Program dan sebagainya. 

Proses tersebut tentunya akan membuat susunan File dalam Hardisk mengalami fragmentasi yang pada akhirnya akan mengurangi kinerja Komputer. 

Untuk menangani hal dimaksud, sebaiknya secara rutin melakukan Defragmentasi, agar file tersusun kembali dan rapi. 


Untuk melakukan proses Defragment Windows 10, kita bisa melakukan cara berikut: 

  1. Klik Star Menu - Gulir Mouse / Scroll ke bawah 
  2. Klik Tab Menu Windows Administrative Tools - Pilih Defragment and Optimize Drives 
  3. Klik Hard Disk C atau  Hard Disk D dan seterusnya yang akan didefragment 
  4. Pilih/Klik Optimize.
  5. Tunggu proses hingga selesai atau 100%

 (Lihat gambar Hard Disk di bawah ini) 


Bila cara di atas sudah dilakukan, tunggu proses hingga selesai atau 100%. 

(Lihat contoh gambar 74% di bawah ini) 

Dengan melakukan Defragment 100% (Lihat gambar di bawah ini), setidaknya kita telah melakukan upaya awal atau tindakan pencegahan ringan dalam menata kembali file file yang tidak benar kembali menjadi tertata/tersusun rapi. 


Proses selesai, dan saya yakin kita bisa melakukan hal ini. Semoga bermanfaat. 

Comments

Popular Posts