PENCEGAHAN VIRUS PADA KOMPUTER

Kalau bicara Virus, tentu yang ada dalam benak kita adalah sesuatu yang bisa menyebabkan penyakit. Penyakit apa? ya bisa macam-macam. Penyakit pada Manusia, Hewan atau penyakit pada Komputer. 

Hal Ini sepertinya sama perasaan saya saja.  ✌

Dalam dunia Komputer, virus juga sering menjadi bahan pembicaraan karena efek yang diakibatkan sangat membahayakan System Computer dan pada akhirnya merusak data di dalamnya. 

Banyak Perusahaan, Lembaga mengalami kerugian yang begitu besar karena Virus Komputer. Virus dalam dunia Komputer adalah sebuah Program yang dibuat oleh personal atau seseorang dengan tujuan menjebol atau merusak System Computer

Virus ini menyebarkan diri dan bisa menular. Penularannya, bisa melalui Media, seperti: Flash Disk yang telah digunakan dari PC lain, File Download atau bahkan Jaringan. 

Apabila Komputer sudah dijangkiti Virus, kemungkinan terjadi adalah Komputer sering Hang, Restart sendiri, Hard Disk tiba-tiba penuh, data rusak bahkan hilang atau Komputer/PC menjadi mati.

Solusinya bagaimana? Yuk lanjutkan membacanya.

Untuk mencegah Virus masuk ke Komputer, pasanglah Antivirus, seperti: McAfee, Norton, PC-cillin Avira, Smadav dan lain-lain. 

Sebagai pengingat saja, perlu diperhatikan oleh Saudara, bahwa saat ini Antivirus untuk Komputer/Laptop sudah banyak yang berbayar, jadi harus pandai-pandai memilah. 

Paham yah...? 

Saya pribadi pakai Avast Free Antivirus. Namun itu tergantung selera masing-masing. 

Kita lanjut ke pencegahan Virus. 

Untuk mencegah Virus dan mengontrol penyebaran Virus yang tidak terduga, Bapak-Ibu Guru dan atau Saudara sekalian dapat melakukan Scan Virus secara teratur dan Update Antivirus

Update ini perlu kita lakukan setiap saat, karena Virus dapat muncul dengan varian varian baru. 

Antivirus yang ada sekarang ini, sangatlah mudah pengoperasiannya. Masing-masing mempunyai tampilan tersendiri dan biasanya terdapat beberapa Menu juga tombol yang bisa digunakan saat melaukan Scan. 

Contoh yang mungkin memudahkan mendeteksi Virus, maka Program tersebut akan menampilkan pemberitahuan di layar dan akan meminta melakukaan beberapa pilihan. Seperti dihapuskah, diperbaiki atau mungkin dikarantina dan seterusnya. 

Nah saya kira sampai disini, sedikit tapi semoga tetap bermanfaat. 


PHP Dev Cloud Hosting

Popular posts from this blog

BLOG MEDIA PRAKTIS PEMBELAJARAN BAGI GURU DAN PESDIK

STARTUP PC LAMBAT

VERVAL YAYASAN