Skip to main content

Featured Post

FILE TERHAPUS, PADAHAL DIPERLUKAN

Ketika menggunakan Komputer, sering tentunya kita melakukan simpan File dan juga penghapusan. Proses penghapusan misalnya, yang menjadi masalah kali ini, baik disengaja bahkan maupun tidak disengaja. Dan pada suatu saat File yang kita hapus tersebut ternyata masih sangat dibutuhkan.  Jika kita mengalami hal ini, tidak perlu panik, karena Windows tidak langsung membuang file begitu saja, melainkan menyimpannya ke dalam Tong Sampah atau yang dikenal dengan Recycle Bin.  Recycle Bin untuk Windows 10, biasanya terdapat di Layar Desktop dan kita bisa mengembalikannya dengan cepat, baik Drag atau pun Restore.  Bagaimana kalau di Recycle Bin sudah dihapuskan. Masalah ini memang menjadi lebih rumit, namun tetap masih ada solusinya.  Aplikasi atau Software yang bisa untuk mengembalikan file, ada banyak kita jumpai di Internet. Misalnya:  PC. Inspector File Recovery 4.0  Windows 10:  PC Inspector File Recovery 4.0 Final Recovery 1.3 :  FinalRecovery 1.3.1.1 Active Undelete 5.1.010:  Active undel

TIPS PERAWATAN LABORAT KOMPUTER


Komputer seperti halnya Manusia yang sangat sensitif dalam penggunaannya. Oleh karena itu, untuk menjaga keberadaan, kegunaan, fungsi serta manfaatnya, maka Komputer juga memerlukan perawatan/pemeliharaan.

Perawatan/pemeliharaan pada Komputer dapat dilakukan pada dua komponen, yaitu Komponen Perangkat Keras/ Peripheral dan Perangkat Lunak. Kata pepatah mengatakan; mencegah lebih baik daripada mengobati.

Dengan perawatan preventive, kita dapat menekan permasalahan yang akan muncul pada Komputer seminimal mungkin. Perawatan secara teratur akan menguranngi beberapa permasalahan, sperti: Crash System, kehilangan data bahkan sampai kerusakan komponen.

Ada dua tipe perawatan yang dapat dilakukan kita, yaitu Perawatan Pasif dan Perawatn Aktif. Kita namakan Pasif karena perawatan ini lebih mengarah pada faktor lingkungan dan benda-benda non Komputer yang membantu kinerja Komputer. Sedangkan Perawaan Aktif adalah perawatan yang kita lakukan terhadap Komputer itu sendiri.

Metode Perawatan Pasif, meliputi langkah-langkah biasa kita gunakan untuk melakukan Protects System terhadap lingkungan yanng normal, baik secara fisiik dan elektikal. Hal fisik meliputi: Temperatur yang baik, Thermal Stress dari Power, Kontaminasi Debu atau Asap dan gangguan lain,misalnya: Guncangan/getaran.

Tahap-tahap Perawatan Pasif antara lain:

Memilih lokasi untuk Komputer/PC yang bebas Polusi Udara, misalnya: Asap, Debu, Kotoran dan Polusi lain.
Memperkecil kemungkinan terrjadinya variasi Suhu (Panas-Dingin) di dalam ruangan, dengan memberi AC atau tidak menempatkan Komputer/PC dekat dengan Jendela dan rawan Sinar Matahari secara langsung.
Menyediakan Outlet Ground dari Power yang sudah stabil dan bebas dari gangguan elektris dan interferensi. Hal ini berfungsi menghindari Listrik Statis.
Jauhkan Komputer dari pemancara atau sumber frekuensi Radio.

Selanjutnya, Metode Perawatan Aktif. Perawatan Komputer hendaknya dilakukan secara berkala, dengan melihat pada Kartu Perawatan. Sehingga kita tahu kondisi, keadaan dan sesuatu hal dengan Komputer kita.

Tahapan-tahapan dalam melakukan Perawatan Akif adalah:

Non Operating System, misalnya: membersihkan debu di CPU dan Monior dengan Vacum Cleaner, membersihkan Keyboard dan Mouse, membersihkan Konektor Keyboard dan atau Konektor Mouse serta Power Supply.
Operating System misalnya:Backup dan Waktu terjadual, Disc Cleanup seperti: *.tmp, *.chk, serta file-file dari Recycle Bin, Web Browser History dan Temporary Internet Files, melakukan Scan Disk, melalukan Defragmentation File, melakukan Checking dan Updateing Anti Virus.

Nah saya kira sampai disini dahulu,semoga bermanfaat.

Popular Posts