Skip to main content

Featured Post

FILE TERHAPUS, PADAHAL DIPERLUKAN

Ketika menggunakan Komputer, sering tentunya kita melakukan simpan File dan juga penghapusan. Proses penghapusan misalnya, yang menjadi masalah kali ini, baik disengaja bahkan maupun tidak disengaja. Dan pada suatu saat File yang kita hapus tersebut ternyata masih sangat dibutuhkan.  Jika kita mengalami hal ini, tidak perlu panik, karena Windows tidak langsung membuang file begitu saja, melainkan menyimpannya ke dalam Tong Sampah atau yang dikenal dengan Recycle Bin.  Recycle Bin untuk Windows 10, biasanya terdapat di Layar Desktop dan kita bisa mengembalikannya dengan cepat, baik Drag atau pun Restore.  Bagaimana kalau di Recycle Bin sudah dihapuskan. Masalah ini memang menjadi lebih rumit, namun tetap masih ada solusinya.  Aplikasi atau Software yang bisa untuk mengembalikan file, ada banyak kita jumpai di Internet. Misalnya:  PC. Inspector File Recovery 4.0  Windows 10:  PC Inspector File Recovery 4.0 Final Recovery 1.3 :  FinalRecovery 1.3.1.1 Active Undelete 5.1.010:  Active undel

STARTUP PC LAMBAT

Pemanfaatan Komputer/Laptop akan menjadi lebih baik, kalau kita mengetahui cara-cara mengatasi permasalahan yang sering muncul. 

Tidak jarang Pengguna Komputer/Laptop merasa marah karena Komputer bermasalah. Padahal masalah yang dihadapi tersebut, hanyalah masalah ringan saja. 

Untuk itu, kali ini saya akan mencoba menyajikan berbagai permasalahan umum yang berkaitan dengan Perangkat Lunak (Software), Salah satunya Startup Windows Sangat Lambat. 

Startup Windows Sangat Lambat, itu merupakan kendala pada saat pertama kali Komputer dinyalakan/Startup, proses Booting Windows sangat pelan. 

Karena saat ini banyak PC dengan Windows 10, mungkin para Pendidik dan Tenaga Kependidikan utamanya, termasuk Operator, bisa melakukan langkah di bawah ini.

Pertama, Masuk ke Settings,  System, Power and sleep,  Additional Power Settings, Choose What the Power Buttons do, Klik Change Settings That are Currently Unavailable, Matikan atau Hidupkan Turn on Fast Start Up, Save Changes. Kemudian Restrart.

KetigaStartup Windows Sangat Lambat bisa dengan cara menonaktifkan program-program yang tidak perlu diluncurkan Windows secara otomatis pada saat Booting. 

Keempat, bila para Pendidik dan Tenaga Kependidikan, termasuk Operator, utamanya Pendidik yang bukan dari basic Komputer dan masih menggunakan Windows 98 serta mengalami Startup Windows lambat,  cara di bawah ini bisa Saudara lakukan:

  1. Klik Menu Start
  2. Pilih Run
  3. Ketikkan "msconfig"
  4. Klik OK, akan muncul Jendela System "Configuration Utility"
  5. Klik Tab Startup, akan muncul Daftar yang diluncurkan Windows. 
  6. Pada Daftar Starup tersebut, Hilangkan Centang di depan masing-masing Item, untuk mengurangi/menonaktifkan Program yang dianggap tidak  perlu
  7. Klik Ok dan Restart PC sahabat.

Pada Proses ini ☝☝☝, sebagai pengeculian saja, seperti Antivirus, ScanRegistry, SistemTray, atau TaskMonitor biarkan aktif saja. 

Saya kira pembahasan Startup Windows Sangat Lambat cukup sekian dahulu, dipublish akan datang, akan saya bahas cara menangani Kinerja Komputer Menurun. 

Cukup sekian, sampa jumpa dilain kesempatan.

Jangan lupa tetap jaga kesehatan tubuh kita. 

Popular Posts