Skip to main content

Featured Post

FILE TERHAPUS, PADAHAL DIPERLUKAN

Ketika menggunakan Komputer, sering tentunya kita melakukan simpan File dan juga penghapusan. Proses penghapusan misalnya, yang menjadi masalah kali ini, baik disengaja bahkan maupun tidak disengaja. Dan pada suatu saat File yang kita hapus tersebut ternyata masih sangat dibutuhkan.  Jika kita mengalami hal ini, tidak perlu panik, karena Windows tidak langsung membuang file begitu saja, melainkan menyimpannya ke dalam Tong Sampah atau yang dikenal dengan Recycle Bin.  Recycle Bin untuk Windows 10, biasanya terdapat di Layar Desktop dan kita bisa mengembalikannya dengan cepat, baik Drag atau pun Restore.  Bagaimana kalau di Recycle Bin sudah dihapuskan. Masalah ini memang menjadi lebih rumit, namun tetap masih ada solusinya.  Aplikasi atau Software yang bisa untuk mengembalikan file, ada banyak kita jumpai di Internet. Misalnya:  PC. Inspector File Recovery 4.0  Windows 10:  PC Inspector File Recovery 4.0 Final Recovery 1.3 :  FinalRecovery 1.3.1.1 Active Undelete 5.1.010:  Active undel

MEMORY FULL - PC LAMBAT


Seiring dengan pemakaian Komputer, proses penyimpanan File dan Instalasi Program akan memenuhi ruang Hard Disk yang membuatnya Hard Disk menjadi sesak dan pada gilirannya akan menurunkan kinerja Komputer, sehingga Komputer akan bekerja lebih lamban.

Ini terjadi di sekitar Saudara, Pendidik utamanya, misalnya Aplikasi E-rapot terbaru di Install, namun Aplikasi E-raport sebelumnya belum di uninstall.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan para Pendidik dan Tenaga Kependidikan, termasuk Operator bila Hard Disk pada Komputer atau Laptop sudah mulai penuh.

Pertama, hapuslah file-file dokumen Saudara yang sudah tidak dipergunakan lagi atau kalau file-file itu sangat penting, Saudara bisa menyimpannya di Media lain, misalnya CDR/CDRW, Flash Disk, Hard Disk External dan Google Drive.

Kedua, hapuslah (Remove/Uninstall) program-program yang sudah Saudara tidak gunakan atau jarang dipakai, melalui Cpanel.

Ketiga, lakukan pembersihan terhadap file-file yang tidak berguna. Saudara bisa menggunakan Disk Cleanup, yang sudah disediakan oleh Windows. Caranya adalah:

Klik Kanan Drive yang akan dilakukan pembersihan, lalu Klik Properties, sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini. Misalnya Drive C.




Akan muncul Jendela Popup Disk Cleanup. 👇👇👇




Klik Ok.


Gambar di atas adalah untuk Windows 10. Windows lainnya dapat menyesuaikan.



Popular Posts